Berita

BUPATI REMIGO SAKSIKAN PENANDATANGANAN PERNYATAAN SIKAP DAN KOMITMEN PNS, PERJANJIAN KINERJA, SERTA SKP PARA PEJABAT LINGKUP SETDA KAB PAKPAK BHARAT

Rabu, 10 Januari 2018

Dengan disaksikan Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, satu-persatu para pejabat lingkup Setda, yang diawali para Asisten dihadapan Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si, kemudian para Kepala Bagian yang dihadapan para Asisten, dan para Kepala Subbagian dihadapan masing-masing Kabag, menandatangani Pernyataan Sikap dan Komitmen Pegawai Negeri Sipil, Perjanjian Kinerja, serta Sasaran Kerja Pegawai yang berlangsung di Ruang Rapat Nusantara, Gedung Sigellem Rempu, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak, pada Selasa petang (09/01).

Bupati menyambut baik penandatanganan ini yang merupakan momentum resmi pelaksanaan tugas dan kegiatan di OPD. Secara khusus dalam arahannya Bupati menekankan akan fungsi dari Sekretariat Daerah, yaitu sebagai perumus dan pembuat kebijakan, serta fungsi koordinasi dengan OPD.

“Sudah tidak saatnya lagi para pejabat administrator di Sekretariat Daerah yang notabene merupakan para Kepala Bagian merasa rikuh atau terbawa budaya ‘ewuh-pakewuh’ dalam hal melakukan koordinasi dengan para pimpinan OPD, utamanya para pejabat yang lebih tinggi, tetapi bukan berarti asal-asalan atau sesuka hati. Ketidaknyamanan itu dapat diatasi dengan meningkatkan kualitas para Kabag untuk semakin berbobot, karena sesungguhnya orang-orang di Sekretariat Daerah itu merupakan orang-orang pilihan. Caranya antara lain dengan memperbaiki sikap atau dengan menambah kapasitas melalui bahan bacaan yang bermutu. Dengan demikian akan terbangun respect terhadap para Kabag, sehingga tidak ada kesulitan dalam berkoordinasi”, tutur Bupati panjang lebar.

Dari sisi fungsi perumus dan pembuat kebijakan, Bupati mengharapkan terjadinya penajaman karena pada dasarnya para pejabat lingkup Setda, terutama para Kabag merupakan tim ilmiah yang memberi masukan kepada Bupati. “Artinya jangan berpatokan pada kegiatan yang memiliki anggaran karena masukan serta merumuskan kebijakan itu bukan merupakan kegiatan yang beranggaran, dan itu harus menjadi prioritas”, tandasnya.

Pada intinya, sebagai tim elit di Pemkab Pakpak Bharat, Sekretariat Daerah harus melakukan revolusi. “Baik dari sisi disiplin, integritas serta tidak berusaha mengakali sistem yang sudah terbangun dengan baik”, tegas beliau lagi. Dengan demikian Setda harus lebih canggih dalam banyak hal, termasuk terdepan dalam mengetahui serta memahami regulasi terbaru yang akan mendukung kerja-kerja di pemerintahan dan pembangunan kemasyarakatan.

Dalam kesempatan ini, Sekda menyampaikan bahwa pasca penandatanganan, agar para pejabat mampu lebih optimal dalam berkinerja, terutama dalam hal pelaksanaan tugas fungsi jabatan. “Penandatanganan ini menjadi fungsi pengikat agar para pejabat lebih bersungguh-sungguh dalam bekerja”, harapnya.

Disampaikan juga bahwa ada rambu-rambu yang harus diikuti oleh PNS dalam melaksanakan tugas jabatan. “Ini menyangkut perilaku dan merupakan satu bagian yang tak terpisahkan dengan kontrak kerja yang ditandatangani pimpinan OPD dengan Bupati”, ucapnya sembari menyampaikan bahwa jika ada hal yang tak selaras dapat dievaluasi ke depannya serta apa yang telah ditandatangani saat ini agar bisa di-breakdown dalam aplikasi e-kinerja.

Penandatanganan kemudian dilanjutkan dengan jabatan pelaksana dihadapan masing-masing Kepala Subbagian. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)

Berita Lainnya

PEMKAB PAKPAK BHARAT SIAP DUKUNG GERAKAN NASIONAL NON TUNAI
Jumat, 8 Juni 2018
Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) adalah suatu perubahan kekinian yang merupakan gerakan penggunaan alat pembayaran nontunai yang dicanangkan Bank Indonesia, untuk menumbuhkan kesadaran sekaligus meni...
PEMKAB PAKPAK BHARAT GELAR RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PILGUBSU 2018
Jumat, 8 Juni 2018
Menjelang Pilkada serentak yang hanya tinggal beberapa hari lagi, khususnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) tahun 2018, yang pemungutan suaranya akan jatuh pada tanggal...
BUPATI REMIGO PIMPIN RAKOR PEMANFAATAN CSR
Kamis, 7 Juni 2018
CSR atau Corporate Social Responsibility, merupakan penghubung nilai-nilai bisnis dengan nilai-nilai sosial, dimana CSR merupakan operasi bisnis yang berkomitmen tidak hanya untuk meningkatkan keuntun...
APEL GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT TOBA 2018 TINGKAT KABUPATEN PAKPAK BHARAT
Rabu, 6 Juni 2018
Dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1439 H, Polres Pakpak Bharat yang bersinergi dengan Pemkab Pakpak Bharat dan TNI melakukan Operasi Ketupat Toba tahun 2018 yang Apel Gelar Pasukannya dilaksanakan di...