Berita

KURSUS MAHIR DASAR PEMBINA PRAMUKA KWARCAB 02.22 PAKPAK BHARAT

Kamis, 12 Juli 2018

Untuk semakin meningkatkan kualitas pelatih dan pembina gerakan Pramuka di Kabupaten Pakpak Bharat, mengaktifkan kembali gerakan Pramuka pada gugus depan, serta mewujudkan pendidikan yang berkarakter, Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 02.22 Pakpak Bharat menggelar kursus mahir dasar pembina Pramuka yang dilaksanakan di Balai Diklat, Cikaok.

Ka. Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA yang diwakili Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si, pada acara pembukaan yang dilaksanakan Rabu (11/07),  dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kwarcab sebagai penyelenggara kegiatan ini untuk tercapainya suatu proses pendidikan dan pelatihan dalam mencapai tujuan pengembangan gerakan Pramuka di Pakpak Bharat.

Sekda yang dalam kesempatan ini didampingi Ka. Dinas Pendidikan, Mester Padang, S.Pd, MM, Asisten Administrasi dan Pembangunan, Supardi Padang, SP, MM, dan Ka. Bagian Humas Setda, Kastro Manik, S.Sos, mengutarakan bahwa hal ini sejalan guna tercapainya aplikasi Permendikbud nomor 63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah.

“Kiranya kesempatan Kursus Mahir Dasar Pramuka yang dilaksanakan dalam seminggu ini sebagai momentum menambah ilmu dan keterampilan serta wawasan dalam dunia pendidikan kepramukaan khususnya serta menambah jumlah tenaga pembina Pramuka pada umumnya”, sebut beliau.

Sementara itu Ka. Kwarcab, Letkol (Arh.) Hadi Purwanto, SH, meminta untuk memprogramkan Pramuka dengan baik, supaya ilmu yang didapatkan para pembina pramuka tidak hanya pada kesempatan ini saja, tetapi terus berlanjut.

Ka. Kwarcab yang juga Dandim 0206/Dairi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pelatih yang berasal dari Kwartir Daerah Sumatera Utara yang begitu bersemangat memberikan materi pelajaran kepada peserta pelatihan. “Terima kasih juga Ka. Mabicab Pakpak Bharat yang tetap memperhatikan organisasi pramuka sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik”, tambahnya sebelum mengakhiri.

Dalam rangkaian acara ini, Sekda yang didampingi Dandim juga menerima pataka pelatihan serta melakukan penyematan tanda peserta secara simbolis. Rombongan juga menyempatkan diri meninjau lokasi para peserta dengan mengamati fasilitas yang ada.

Ketua Panitia, Sahat P. Boangmanalu, S.Pd, MM, saat dikonfirmasi mengutarakan bahwa kegiatan pelatihan ini bagi Bapak dan Ibu guru SD, SMP, SMA serta SMK, sebanyak 51 orang. “Kegiatan akan berakhir pada Sabtu ini 14 Juli 2018”, pungkasnya. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)

Berita Lainnya

KUNJUNGAN PJ BUPATI KE PEKAN SALAK
Selasa, 19 Februari 2019
Pesona pasar tradisional tetap menarik perhatian Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA. Setelah sebelumnya berkunjung ke Pekan Singgabur di Kecamatan STTU Julu, kali ini Pj. Bupati yang ...
MUSRENBANG KECAMATAN TINADA
Selasa, 19 Februari 2019
Geliat pelaksanaan perencanaan pembangunan sedang berlangsung pada triwulan pertama tahun ini, sebagaimana yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada Februari ini, Musyawarah Perencanaan Pemb...
PJ BUPATI LEPAS PAWAI TA'ARUF KONTINGEN MTQ KECAMATAN SALAK
Selasa, 19 Februari 2019
Semarak MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) tingkat Kecamatan Salak yang begitu meriah dan antusias, juga turut dihadiri Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA. Secara resmi beliau melepas Pa...
BUPATI KUNJUNGI PEKAN SINGGABUR
Kamis, 14 Februari 2019
Pasar sebagai salah satu tempat perputaran roda perekonomian, menarik perhatian Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA. Dengan didampingi Ka. Dinas Koperasi dan UMKM, Mordehai Orba S. Man...