Berita

PEMKAB PAKPAK BHARAT KEMBALI SALURKAN BANTUAN PKH

Rabu, 29 Agustus 2018

Untuk semakin memaksimalkan penanggulangan kemiskinan di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, kembali Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat memberikan bantuan non tunai untuk tahap ke-3 Program Keluarga Harapan (PKH) Agustus Tuntaspada tahun 2018 ini bekerja sama dengan Kementerian Sosial yang secara simbolis diserahkan kepada 350 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kabupaten Pakpak Bharat oleh Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, yang diwakili oleh Asisten Administrasi dan Pembangunan, Supardi Padang, SP, MM, beserta jajarannya termasuk pihak dari Kementerian Sosial dan BRI di Bale Sada Arih Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak, pada Selasa pagi (28/08).

Adapun penerima PKH di Kabupaten Pakpak Bharat sebanyak 2.274 (dua ribu duaratus tujuhpuluh empat) KPM, yang pada tahap ketiga ini diberikan sebanyak 500 ribu rupiah dari total bantuan PKH untuk tahun 2018 sebesar Rp. 1.890.000,-. Bantuan PKH diserahkan secara non tunai yang pencairannya menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) melalui berbagai sarana yang disediakan oleh BRI seperti Kantor Pelayanan, mesin ATM, serta agen Brilink sebanyak 23 orang yang tersebar se-Kabupaten Pakpak Bharat.

Tidak hanya bantuan PKH, turut diserahkan juga bantuan beasiswa kepada anak-anak keluarga penerima manfaat yang berprestasi, baik itu prestasi akademis, olahraga, seni, termasuk kepada juara Musabaqah Tilawatil Qur’an. Selain penyerahan bantuan non tunai serta beasiswa, turut diserahkan juga cendera mata kepada perwakilan yang hadir berupa sembako yang terdiri dari gula, beras, susu, dan minyak goreng.

Bupati mengutarakan, sebagaimana yang disampaikan oleh Asisten, bahwa percepatan pengentasan kemiskinan salah satunya melalui PKH yang merupakan turunan dari program pemerintah pusat. “Manfaatkanlah dana yang didapat dengan sebaik-baiknya agar dapat memutus rantai kemiskinan di Indonesia, terkhusus di Kabupaten Pakpak Bharat”, ujarnya.

Kontribusi Pemkab Pakpak Bharat dalam menurunkan angka kemiskinan melalui program ini adalah bagian dari penerjemahan Nawacita. “Untuk itu sangat diperlukan sinergitas antar lembaga serta kelompok masyarakat agar niatan baik ini semakin optimal”, tambahnya.

Plt. Ka. Dinas Sosial, Isak Simon, S.Sos, dengan didampingi Ka. Bidang Sosial, Edima Silaban, S.Pd, saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa setelah bantuan tahap ketiga ini masih ada satu tahap lagi dan merupakan tahap terakhir penyerahan bantuan program PKH di tahun 2018. “Selanjutnya kami terus melakukan evaluasi dan validasi terhadap KPM dan secara melekat yang dilakukan monitoring serta pendampingan terhadap penerima bantuan karena bantuan yang diterima harus sesuai dengan ketentuan yang disepakati. Jika ada pelanggaran ketentuan terhadap penggunaan bantuan, maka otomatis bantuan akan dihentikan”, tandasnya. Pada acara ini juga dilakukan simulasi pengambilan bantuan non tunai melalui agen Brilink dihadapan seluruh tamu dan undangan. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)

 

Berita Lainnya

PERINGATAN HAORNAS KE 35 TAHUN 2018 TINGKAT KABUPATEN PAKPAK BHARAT
Jumat, 21 September 2018
Perlombaan lari jarak jauh 10.000 meter menembus dinginnya pagi, mengawali peringatan Hari  Olahraga Nasional (Haornas) ke-35tingkat Kabupaten Pakpak Bharat yang dipusatkan di Lapangan Napasengku...
RAMAH TAMAH BERSAMA DANREM 023/KS DENGAN UNSUR FORKOPIMDA SERTA MASYARAKAT KABUPATEN PAKPAK BHARAT DAN DAIRI
Jumat, 21 September 2018
Rintik hujan yang mewarnai tidak mengurangi makna dari acara ramah tamah Komandan Resor Militer (Korem) 023/Kawal Samudera,  Kol. (Inf) Mohammad Fadjar, MPICT bersama unsur Forkopimda Pakpak Bhar...
PENYAMPAIAN NOTA PENGANTAR BUPATI ATAS RANPERDA P.APBD 2018
Rabu, 19 September 2018
Pasca penandatanganan KUA-PPAS antara Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, maka agenda dilanjutkan dengan penyampaian Nota Pengantar Bupati Pakpak Bharat atas Rancangan Peratur...
BUPATI REMIGO TANDATANGANI KUA PPAS PAPBD 2018 BERSAMA PIMPINAN DPRD
Rabu, 19 September 2018
Dalam rangka penyusunan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P.APBD) Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2018, diperlukan Kebijakan Umum Perubahan yang disepakati bersama antara Pemerintah Kabu...