Berita

PELUNCURAN TEMA PEMBANGUNAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Senin, 11 Februari 2019

Ditandai dengan raungan suara sirine yang penekannya dilakukan oleh Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA, bersama Ketua DPRD, Sonni P. Berutu, S.Th, Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M. Si dan perwakilan Forkopimda, secara resmi diluncurkan Tema Pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat, yaitu “MENGEMBANGKAN POTENSI EKONOMI LOKAL MENUJU KEMANDIRIAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT YANG BERBUDAYA” di Aula Balai Diklat, Cikaok, pada Jumat sore, (08/02), yang turut disaksikan para pejabat lingkup Pemkab Pakpak Bharat.

Pj. Bupati dalam kesempatan ini menyampaikan peluncuran tema pembangunan ini sebagai perwujudan penetapan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat pada tahun 2019. Pada tahun sebelumnya tema pembangunan difokuskan pada peningkatan ekonomi daerah dan pemerataan pembangunan serta pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka pada tahun ini arah dan kebijakan pembangunan dengan penguatan pada aspek: (1) aspek pelayanan umum meliputi pelayanan dasar dan pelayanan penunjang; (2) aspek kesejahteraan masyarakat meliputi kesejahteraan dan pemerataan ekonomi, kesejahteraan sosial, seni budaya dan olahraga; serta (3) aspek daya saing meliputi kemampuan ekonomi daerah, fasilitas wilayah/infrastruktur, iklim berinvestasi dan sumber daya manusia.

Selain itu, Pj. Bupati juga mengingatkan pentingnya kepatuhan akan regulasi yang ada serta etika untuk menghindari kesalahan yang berefek besar terhadap pembangunan seperti pengadaan barang dan jasa pemerintah. Beliau juga berharap kepada para pimpinan OPD dan pejabat struktural agar dapat menjalankan amanah dengan baik sehingga dapat mewujudkan Pakpak Bharat yang nduma (sejahtera).

Sementara itu Ketua DPRD mengutarakan bahwa kegiatan hari ini berupa peluncuran tema pembangunan, penandatanganan perjanjian kinerja dan penyerahan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) merupakan rangkaian menjalankan amanah. Tak lupa beliau menyatakan bahwa DPRD Kabupatn Pakpak Bharat mendukung kegiatan pemerintahan dengan menjalankan fungsinya sebagai bagian dari pemerintahan. “Kepada para pimpinan OPD beserta jajarannya agar mampu menyesuaikan dengan pimpinan yang baru untuk saling mengisi dan melengkapi”, tandasnya.

 

PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DAN PENYERAHAN DPA

Sebelumnya dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kinerja oleh para pimpinan OPD, termasuk Sekda, dihadapan Pj. Bupati. Selanjutnya juga dilakukan penyerahan DPA satu persatu kepada para pimpinan OPD yang diawali oleh Sekda dan berakhir kepada para Camat.

Pj. Bupati berpesan bahwa DPA yang merupakan dokumen memuat pendapatan dan belanja setiap OPD yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan anggaran oleh pengguna anggaran, sehingga dengan disahkannya DPA maka segala program dan kegiatan yang tertuang dalam DPA setiap OPD tersebut dapat dilaksanakan. Program dan kegiatan yang ada pada DPA adalah untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan dalam dokumen RPJMD dan Renstra OPD, sehingga untuk mewujudkan komitmen bersama dalam mencapai target kinerja yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)

Berita Lainnya

KUNJUNGAN PJ BUPATI KE PEKAN SALAK
Selasa, 19 Februari 2019
Pesona pasar tradisional tetap menarik perhatian Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA. Setelah sebelumnya berkunjung ke Pekan Singgabur di Kecamatan STTU Julu, kali ini Pj. Bupati yang ...
MUSRENBANG KECAMATAN TINADA
Selasa, 19 Februari 2019
Geliat pelaksanaan perencanaan pembangunan sedang berlangsung pada triwulan pertama tahun ini, sebagaimana yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada Februari ini, Musyawarah Perencanaan Pemb...
PJ BUPATI LEPAS PAWAI TA'ARUF KONTINGEN MTQ KECAMATAN SALAK
Selasa, 19 Februari 2019
Semarak MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) tingkat Kecamatan Salak yang begitu meriah dan antusias, juga turut dihadiri Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA. Secara resmi beliau melepas Pa...
BUPATI KUNJUNGI PEKAN SINGGABUR
Kamis, 14 Februari 2019
Pasar sebagai salah satu tempat perputaran roda perekonomian, menarik perhatian Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA. Dengan didampingi Ka. Dinas Koperasi dan UMKM, Mordehai Orba S. Man...