Berita

SILATURAHMI PJ BUPATI KE KANTOR MEDIA HARIAN WASPADA DAN SIB

Senin, 11 Maret 2019

Kemitraan Pemerintah dan media untuk mendukung pelaksanaan pembangunan merupakan hal yang mutlak dan tak bisa dipungkiri. Hal tersebut yang mendasari kunjungan silaturahmi Pj. Bupati Pakpak Bharat bersama Ka. Bappeda, Jalan Berutu, S.Pd, MM, Plt. Ka. Dinas Kominfo, Aryanto Tinambunan, SP, M.Si dan Ka Bagian Bangekos Setda, Iwan Taruna Berutu, ST, M.Si ke salah satu media terbesar di Sumatera Utara, Harian Waspada, di kantor pusatnya, Jl. Letjen Suprapto, Medan, pada Sabtu pagi (09/03), yang diterima perwakilan pimpinan umum Harian Waspada Sofyan Harahap dengan didampingi Redaktur Sumut, David Swayana.

Secara gamblang Pj. Bupati mendeskripsikan tentang Kabupaten Pakpak Bharat, terutama dari aspek pembangunan dan kesejahteraan. “Pakpak Bharat sesungguhnya sangat luar biasa dan bisa menjadi icon Sumatera Utara untuk ke manca negara”, tuturnya, seraya menegaskan banyak hal yang bisa dieksplorasi dari Kabupaten ini semisal hasil pertanian dengan produk unggulannya yaitu gambir.

“Spirit Pakpak Bharat untuk maju juga tak terbendung”, jelas Asren Nasution dengan mengilustrasikan bagaimana kondisi Kabupaten ini saat beliau datang pertama kali pada tahun 1987 dan situasi yang masih sangat tertinggal dibandingkan dengan kini yang mengalami perubahan besar.

Sementara itu, Ka. Bappeda secara lebih spesifik menguraikan kondisi Kabupaten Pakpak Bharat dari sisi kewilayahan serta perekonomian masyarakat, serta berharap Harian Waspada dapat menjadi mitra yang lebih eksklusif untuk semakin membesarkan Kabupaten ini. Dari sisi perkembangan TIK juga dipaparkan Kadis Kominfo, terutama kualitas e-Government Pakpak Bharat yang telah mendapat penghargaan dari Gubsu.

Sofyan Harahap mengapresiasi tentang eksistensi Kabupaten Pakpak Bharat dan berujar potensi yang demikian besar hanya tinggal menunggu waktu untuk semakin populer dan mendunia. Tak lupa beliau mengingatkan pentingnya menjalin hubungan dengan para wakil rakyat yang berada di pusat untuk semakin membesarkan Kabupaten Pakpak Bharat.

Beliau juga menambahkan bahwa pada Februari tahun depan Kota Medan mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional dan momentum itu dapat dimanfaatkan oleh Kabupaten Pakpak Bharat dalam mengenalkan wilayah serta produk-produk unggulannya. Ditambahkan oleh David Swayana, agar komoditi unggulan asal Kabupaten Pakpak Bharat tidak lupa untuk dipatenkan, sehingga tidak bisa di-claim oleh daerah/negara lain dan nama Kabupaten Pakpak Bharat semakin di kenal. Beliau juga mencoba mengeksplorasi ide untuk membuat festival khusus suku Pakpak yang beranjak dari 5 suak (sub suku) yang ada.

Pertemuan berakhir menjelang siang dan Pj. Bupati juga menyematkan secara resmi Oles (tenunan khas Pakpak) serta menyerahkan produk unggulan Kabupaten Pakpak Bharat, antara lain Teh Gambir dan kopi kepada pimpinan Harian Waspada.

 

KUNJUNGAN KE HARIAN SIB

Pasca mengunjungi Harian Waspada, Pj. Bupati beserta rombongan melanjutkan silaturahmi ke harian yang cukup besar lainnya di Sumatera Utara, yaitu harian Sinar Indonesia Baru (SIB). Rombongan disambut dengan hangat oleh Wakil Pemimpin Redaksi II, Sumba Simbolon bersama Kepala Tata Usaha, Hotlin Manik.

Diutarakan oleh Pj. Bupati bahwa maksud dan tujuan silaturahmi ini selain untuk berkenalan dan mengakrabkan diri, juga mendapat masukan serta saran dari media yang cukup ternama di Sumatera Utara. Selain itu untuk mengeratkan konektivitas, sembari menjelaskan tentang sejarah lahirnya Kabupaten Pakpak Bharat.

Bupati mengutarakan pentingnya aksesibilitas suatu wilayah dan berharap adanya perhatian dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan kebutuhan seperti akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sementara itu Kabag Bangekos menekankan pentingnya peran media untuk menaikkan nama komoditi dari suatu wilayah, khususnya komoditi yang ada di Pakpak Bharat dan berharap Pakpak Bharat dapat menjadi mitra yang baik dengan Harian SIB.

SIB merespon dengan baik kunjungan ini dan tetap selain mendukung program pembangunan, juga akan obyektif dengan mengkritisi pembangunan di Pakpak Bharat, serta menjadikan kunjungan ini sebagai penguatan-penguatan akan hubungan yang lebih baik.

Sebagaimana ditempat sebelumnya, diakhir kunjungannya Pj. Bupati juga menyerahkan cendera mata berupa Oles dan komoditi dari Kabupaten Pakpak Bharat. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)

Berita Lainnya

PAKPAK BHARAT SIAPKAN DESA TANGGUH BENCANA
Jumat, 24 Mei 2019
Demi mewujudkan Desa yang mandiri dalam menghadapi dan selalu siap sedia, khususnya di kawasan yang sering terjadi bencana alam seperti Kabupaten Pakpak Bharat, maka BPBD Kabupaten Pakpak Bharat membu...
PJ BUPATI TERIMA PENGURUS SMPS MEMBANGUN KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMPERTAHANKAN BUDAYA DAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN
Jumat, 24 Mei 2019
Sebagai implementasi dari kebersamaan membangun Pakpak Bharat, Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution MA, menerima para pengurus Sulang-silima Manik Pergetteng-getteng Sengkut, atau perhimpun...
PERINGATAN HARKITNAS KE-111 TINGKAT KABUPATEN PAKPAK BHARAT
Jumat, 24 Mei 2019
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tingkat Kabupaten Pakpak Bharat berlangsung khidmat di Lapangan Napasengkut, Salak, pada Senin pagi (20/05). Bertindak selaku Inspektur Upacara ...
PJ BUPATI KUNJUNGI DINAS BINA MARGA PROVSU TUNTASKAN MASALAH JALAN
Kamis, 23 Mei 2019
Komitmen untuk memajukan Pakpak Bharat dari aspek infrastruktur jalan, terus diupayakan oleh Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA. Hal itu tampak saat beliau mengunjungi Dinas Bina Marg...