Berita

PJ Bupati Inisiasi Percepatan Pembangunan Pakpak Bharat Yang Integratif

Minggu, 8 September 2019

FGD HADIRKAN KONSEP JITU DAN STRATEGIS

Akselerasi dan optimalisasi model pembangunan Pakpak Bharat terus dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Kali ini Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA, menginisiasi pola pembangunan yang integratif dengan melibatkan Kabupaten tetangga yang merupakan Kabupaten induk dari Pakpak Bharat yaitu Dairi serta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat.

Focus Group Discussion (FGD) untuk Percepatan Pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat dan Dairi menuju Sumatera Utara yang Bermartabat dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, di Graha LPJKN, Jakarta pada Minggu (08/09) menghadirkan elemen yang berkepentingan terhadap ini semua, termasuk Bupati Dairi, Dr. Eddy KA Berutu, MBA, beserta jajarannya Ketua DPRD Kab. Pakpak Bharat, Sonni P. Berutu, S.Th, beserta seluruh anggota DPRD Kab. Pakpak Bharat, pimpinan OPD Pemprovsu serta dari kedua Kabupaten terkait, termasuk Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si beserta jajarannya dan perwakilan dari Kementerian terkait, khususnya menyangkut infrastruktur, pertanian, perekonomian dan pemberdayaan masyarakat.

“Ini adalah konsep jitu dan strategis”, sebut Asren Nasution yang menaruh harapan besar terhadap diskusi yang terjadi sehingga kininduma (kesejahteraan) bisa dirasakan seluruh masyarakat, khususnya Pakpak Bharat dan Dairi. “Hal ini harus segera dilakukan mengingat potensi yang sungguh luar biasa dimiliki kedua Kabupaten ini dan semoga membawa perubahan yang dahsyat”, tambahnya.

Bupati Dairi juga menyambut baik pelaksanaan kegiatan yang terkoneksi dengan konsep Sumatera Utara untuk membangun Desa dan menata kota. “Dengan duduk semeja seperti ini akan menghadirkan kesesuaian demi kesejahteraan dan bergerak bersama akan men-trigger kemajuan di tengah masyarakat”, tutur Eddy Berutu.

Sementara itu Gubsu sangat berterima kasih akan inisiasi pembangunan yang beranjak dari akar budaya yang sama seperti Pakpak Bharat dan Dairi ini. “Grand design yang telah dimulai  oleh Pakpak Bharat dan Dairi selanjutnya akan menjadi role model bagi wilayah lain, semisal di Tabagsel, Tobasa dan Taput atau wilayah lainnya yang memiliki kemiripan dalam hal induk etnisnya”, ucap Edy Rahmayadi.

Apresiasi akan perhatian Gubsu yang didampingi Ny. Nawal Edy Rahmayadi br. Lubis, juga ditampilkan oleh suku Pakpak yang sangat berterima kasih akan concern Gubernur dan Pemprovsu untuk kemajuan suku Pakpak, khususnya yang berada di Kabupaten Pakpak Bharat dan Dairi. Mulai dari penyambutan Era-era (tradisi penyambutan tamu agung) diiringi gendang raja sampai penyematan pakaian adat Pakpak serta jamuan masakan khas Pakpak menjadi pengejawantahan akan rasa terima kasih yang luar biasa ini.

Ketua Ikatan Masyarakat Pakpak Indonesia (IMAPI, d/h IKEPADA-Ikatan Keluarga Pakpak Dairi), Bachtiar Revanala Ujung yang memfasilitasi kegiatan ini menyatakan bahwa percepatan pembangunan dalam berbagai model akan terus dilakukan, khususnya berpola lintas sektoral sembari menstimuli peningkatan kualitas SDM. “Inilah kebahagiaan yang sesungguhnya karena bagian untuk memajukan Sumatera Utara”, ujarnya.

Pelaksanaan FGD berlangsung selama 2 hari dan akan berakhir pada Senin, 9 September 2019. Beragam presentasi dilakukan oleh pemerintah kedua Kabupaten, serta pemerintah atasan untuk melihat beragam potensi serta berbagai peluang yang ada serta sebagai dukungan akan konsep Nawacita. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)

Berita Lainnya

Sekda Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional
Selasa, 17 September 2019
Peringatan upacara Hari Kesadaran Nasional yang rutin diselenggarakan pada tanggal 17 setiap bulannya, kembali digelar pada bulan September ini. Upacara yang diselenggarakan di Lapangan Apel Pemkab Pa...
PJ Bupati Siap Junjung Tinggi Adat Budaya Pakpak
Jumat, 13 September 2019
Pasca pelaksanaan Pesta Budaya Oang-oang, Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA, langsung melakukan kajian serta evaluasi bersama para tokoh adat dan budaya Pakpak untuk meningkatkan kua...
Tim KORSUPGAH KPK Kunjungi Kabupaten Pakpak Bharat
Kamis, 12 September 2019
Sebagai wujud akan dukungan terhadap pemberantasan korupsi dan sebagai pelaksanaan monitoring serta evaluasi akan penerapan good governance serta clean government terhadap Pemerintah Daerah, Pemkab Pa...
PJ Bupati Siap Jadikan Pesta Oang-Oang Sebagai Pesta Budaya Terdepan
Kamis, 12 September 2019
KECAMATAN SALAK RAIH JUARA UMUM Rangkaian puncak Pesta Budaya Oang-oang berlangsung pada Kamis (12/09), yang ditandai dengan karnaval kendaraan hias dari setiap kontingen bersama iring-iringan pawai ...