Berita

Pj. Bupati Pakpak Bharat Tinjau Penyerahan BLT-DD

Senin, 18 Mei 2020

Pj Bupati Pakpak Bharat,Dr Asren Nasution,MA, berpesan agar bantuan dalam bentuk apapun  yang diberikan oleh pemerintah supaya dipergunakan sebaik baiknya dan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian seluruh pemerintah kepada masyarakat  ditengah pandemi Covid -19 ini.

Pesan ini disampaikan saat  meninjau penyerahan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kecamatan STTUJulu dan Kecamatan Tinada,  pada Senin (18/05) didampingi oleh TNI Polri, Sekda Sahat Banurea,Asisten II, Pimpinan OPD, Camat dan unsur lainnya.

Penyerahan ini dilakukan secara simbolis oleh masing-masing unsur. Desa yang ditinjau adalah Desa Cikaok,Desa Ulu Merah, Desa Pardomuan Kec.STTUJulu dan Bulu Tellang Kec. Tinada.

Pembagian BLT-DD yang bersumber dari DD T.A 2020 tersebut berpedoman pada Surat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi,Nomor:12/PRI.00/IV/2020,tanggal tentang penegasan BLT Dana Desa,Instruksi Mentri Nomor:3 Tahun 2020 dan Surat Edaran KPK No:11 Tahun 2020 tentang penggunaan Data Terpadu Kesejahteraan sosial (DTKS) dan  Data Non DTKS dalam pemeberian Bantuan sosial ke Masyarakat sehingga Bupati Pakpak Bharat mengeluarkan surat edaran dengan menyampaikan beberapa hal penting diantaranya:memastikan penggunaan alokasi anggaran dan penyaluran BLT-DD kepada masyarakat penerima agar dilaksanakan berdasarkan ketentuan perundang-undangan,menghindari permasalahan administrasi,tidak melakukan pemotongan dan pengurangan dengan alasan apapun dan melaporkan data pelaksanaan pembagian BLT DD melalui dinas PMDPPA setelah disahkan atau disetujui camat.

Menurut para kepala Desa,penyaluran BLT-DD ini bertujuan untuk mengcover warga yang  tidak ditampung atau tidak terdaftar sebagai penerima bantuan baik dari pemerintah pusat maupun bantuan lainnya. Adapun BLT-DD yang diberikan kepada warga adalah berbentuk tunai dengan besaran 600 ribu/KK selama tiga bulan.

Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Pakpak Bharat dan juga kepada Desa Cikaok,STTUJulu, Ernatus Berutu,BA, dihadapan rombongan Pj Bupati Pakpak Bharat mengatakan, bahwa para kepala desa se-Kabupaten Pakpak Bharat mendukung langkah Pj Bupati Pakpak Bharat untuk mendata semua warga miskin sehingga tidak ada warga Kabupaten Pakpak Bharat yang kelaparan.

Sebagai Ketua Forum Kepala Desa se-Kabupaten Pakpak Bharat Komitmen ini juga sudah saya instruksikan kepada seluruh rekan-rekan kepala desa se-Kabupaten Pakpak Bharat, dalam satu langkah untuk mendata warga agar tidak ada warga yang tidak mendapat bantuan sehingga tidak ada warga yang kelaparan" terang Ernatus Berutu.

Salah Satu penerima BST-DD, empung Kiki Br Anak Ampun, 85, Warga Bulu Telang, Kec Tinada,mengatakan puji syukur kepada Yang Kuasa dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada segenap pemerintah atas penyaluran bantuan ini karena dirinya mengaku sangat terbantu pada kondisi saat ini 

Terima kasih kami sampaikan kepada pemerintah kami dan semoga corona ini cepat selesai dari daerah kita ini dan semoga kita semua sehat-sehat dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa"katanya

Bukan cuma empung Kiki br Anak Ampun, namun ucapan terima kasih dengan  wajah haru juga disampaikan oleh semua penerima bantuan. Wajah -wajah penerima BLT-DD ini pun terlihat senang dan bahagia saat menerima bantuan tunai tersebut. Penerima bantuan mengaku tidak ada terjadi potongan atau pengurangan jumlah uang yang diterima mereka.

Penyaluran BLT-DD ini juga dijadwalkan besok di sejumlah desa di kecamatan lainnya seperti Kecamatan salak, siempat rube dan kecamatan lainnya. (Sumber: Dinas Kominfo Kabupaten Pakpak Bharat)

Berita Lainnya

PJ BUPATI PAKPAK BHARAT LEBARAN DI PEDALAMAN TERPENCIL, DESA LAE MBENTAR,PAGINDAR
Senin, 25 Mei 2020
PJ BUPATI INGIN INFRASTRUKTUR JALAN SEGERA DIBENAHIHari raya kemenangan bagi umat Muslim di seluruh dunia adalah, Hari Raya Idul Fitri. Hal ini dilaksanakan setelah sebelumnya umat Muslim berjuang mel...
Pj Bupati Pakpak Bharat Catat Sejarah Di Masjid Nurul Habi Kuta Jungak
Jumat, 22 Mei 2020
Pj Bupati Pakpak Bharat,Dr.H.Asren Nasution,MA, mencatatkan sejarah bagi Jemaah Mesjid Nurul Habi,Desa Kuta Jungak, Kecamatan Siempat Rube, Kabupaten Pakpak Bharat.Dimana untuk pertama kalinya dalam s...
Pj Bupati Sampaikan Hormat Kepada 3 Pilar Desa Dan Forkopimda
Rabu, 20 Mei 2020
Pj Bupati Pakpak Bharat,Dr H Asren Nasution,MA,sampaikan sikap hormat gaya khas prajurit kepada tiga pilar desa yaitu  Bhabinsa,Bhabinkamtibmas serta Kepala Desa yang bertugas di seluruh Desa se-...
Pj. Bupati Pakpak Jangan Ada Pemotongan Atau Pengurangan Dalam Pencairan Bantuan Dengan Alasan Apapun
Selasa, 19 Mei 2020
PJ Bupati Pakpak Bharat,Dr.Asren Nasution,MA, meminta dengan tegas agar dalam pencairan  bantuan sosial  Bansos kepada masyarakat tidak ada terjadi pemotongan dan pengurangan dengan alasan a...