Berita

Bupati Pakpakbharat Ikuti Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Bersama KPK RI

Jumat, 11 Juni 2021

Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) Republik Indonesia (RI), menggelar kegiatan koordinasi bersama empat kabupaten, Kamis (10/6), di Aula Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe.

Koordinasi yang diikuti oleh Pemkab Pakpak Bharat, Kabupaten Karo, Dairi serta Langkat, ini membahas seputar pemberantasan korupsi yang terintegrasi dengan beberapa pemerintah daerah dalam mencegah tindakan yang dapat berpotensi mengarah ke indikasi korupsi.

Koordinator Supervisi (Korsub) I KPK RI, Didik Agung Wijanarko, mengungkapkan kegiatan ini merupakan agenda rutin dari bagian Korsub untuk memberikan pemahaman kepada pemerintah daerah mengenai bagaimana pencegahan agar tidak terjadi korupsi di pemerintahan.

"Ini merupakan ajakan untuk meniadakan niat dan mengajak bagaimana langkah untuk pencegahan," ujar Didik.

Didik menjelaskan, ada beberapa hal yang patut dilakukan oleh pemerintah daerah untuk menghindari kerawanan terjadinya indikasi korupsi adalah rutin melakukan Monitoring Control for Prevention (MCP). Ia mengatakan, MCP ini merupakan laporan dari pemerintah daerah yang diserahkan ke pihak KPK, yang berisikan laporan aset, serapan pajak, dan lainnya.Untuk laporan MCP sendiri KPK telah menetapkan standar kepatuhan sebesar 80 persen.

"Jadi Pemda harus melaporkan beberapa poin melalui MCP, yang di dalamnya berisikan areal yang rawan terjadi korupsi. Dengan langkah itu, kita meminimalisir kesempatan terjadinya korupsi. Sehingga tidak ada niat dan kesempatan," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, Kamis (10/06) mengatakan menyambut baik acara ini, karena kegiatan ini  merupakan modal dan pembelajaran, sekaligus koordinasi dengan KPK RI dan instansi terkait yang ada di Pemerintahan Kabupaten Pakpak Bharat.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat yang bersih, good goverment dan clean government, sehingga kita terhindar dari tindak korupsi yang merugikan negara dan daerah, serta menciptakan pembangunan yang efektif dan efisien demi kesejahteraan masyarakat yang Nduma"kata Bupati Franc.

(SUMBER DINAS KOMINFO KABUPATEN PAKPAKBHARAT)

Berita Lainnya

Dua Pelajar Asal Pakpak Bharat Lulus Seleksi Paskibraka Tingkat Sumatera Utara
Jumat, 18 Juni 2021
Dua pelajar asal Pakpak Bharat lulus seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat Sumatera Utara.  Kabar baik ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pakpak Bharat Supardi Padang, SP, MM ...
Delapan Ketua DPC Partai Politik Tandatangani Pakta Integritas dan NPHD Bersama Bupati
Rabu, 16 Juni 2021
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah 2021 bersama delapan Ketua Dewan Perwakilan Cabang Partai Politik di Kabupaten Pakpak Bharat. Acara yang dig...
Pemkab Pakpak Bharat Laksanakan Evaluasi dan Monitoring Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Numerisasi Metode Gasing
Rabu, 16 Juni 2021
Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dibawah kepemimpinan Franc Bernhard Tumanggor terus berupaya meningkatan pelayanan dan kualitas pendidikan di Kabupaten Pakpak Bharat. Salah satunya dengan mencerdas...
Bupati Franc : Berikan Perlindungan Penuh Kepada Anak Sebagai Generasi Emas
Selasa, 15 Juni 2021
Franc Bernhard Tumanggor, Bupati Pakpak Bharat mengatakan bahwa untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindunga...