Berita

Hadiri Tanam Perdana Kentang Bupati Franc : Lae Langge Namuseng Pasti Bisa

Jumat, 30 Juli 2021

Guna mendukung pengembangan tanaman holtikultura dalam rangka mewujudkan Pakpak Bharat menuju kemandirian pangan, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor turut serta dalam penanaman perdana tanaman kentang di Desa Lae Langge Namuseng, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu. Penanaman tanaman kentang besar-besaran yang digagas kelompok tani Sada Arih ini dilaksanakan pada kamis (29/07/2021) dimana kondisi cuaca dan curah hujan telah diperhitungkan secara matang.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Maringan Bancin, ST, MT menjelaskan bahwa bantuan benih kentang ini merupakan bantuan dari APBN Kementerian Pertanian yang disalurkan sebanyak 40 Ton di dua Kecamatan yakni Kecamatan Kerajaan dan Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu.

Kita bersyukur tahun ini dapat bantuan bibit kentang ini dari Anggaran APBN, hal ini adalah wujud kerjasaa Pemerintah Pakpak Bharat dalam hal ini Bapak Buapti yang jauh-jauh hari mengupayakan supaya bibit kentang ini bisa tersalur kewilayah Pakpak Bharat, kedepannya kita akan terus upayakan bantuan-bantuan serupa dari Pemerintah atasan untuk dapat kita manfaatkan dan kita kelola di Daerah kita ini, Ungkap Maringan Bancin menjelaskan.

Bupati sendiri berpesan supaya terus menggalakkan serta membangun potensi pertanian sesuai kondisi geografis dan disesuaikan dengan kondisi tanah di Pakpak Bharat.

Bupati juga mengakui bahwa sesungguhnya tanaman kentang ini merupakan tanaman baru di wilayah Pakpak Bharat, akan tetapi dia sangat optimis bahwa masyarakat petani akan bisa beradaptasi dengan cepat tentang teknik bertanam kentang ini, terutama dengan pemanfaatan teknologi serta sarana pertanian yang dimiliki saat ini.

“Kita tentunya harus terus dan banyak  belajar untuk mendapatkan hasil terbaik, kita bisa menjadi penyangga ketahanan pangan, salahsatunya dengan mengolah kentang yang kita hasilkan nantinya menjadi Dodol, keripik dan atau yang lainnya, ayo,! kita bangkitkan kembali potensi yang ada di kita, Desa Lae Langge Namuseng pasti bisa, Pungkas Bupati optimis.

Sementara itu Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Pakpak Bharat Lukman Padang juga turut hadir dalam acara ini. Selain itu Ketua TP PKK Pakpak Bharat Ny. Juniatry Franc Bernhard Tumanggor juga hadir mendampingi Bupati. Terlihat juga hadir Camat Sitellu Talu Urang Julu Ucok Benget, SP, para perwakilan Kelompok Tani penerima manfaat serta coordinator PPL se Kabupaten Pakpak Bharat.

Berita Lainnya

Pelantikan Pejabat Adminstrator dan Pengawas Bupati : Pakpak Bharat Butuh Aparatur Berintegritas
Jumat, 17 September 2021
Bupati Pakpak Bharat Franc Benrhard Tumanggor hari ini melantik delapan pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat. Acara yang digelar di Aula Balai Sada Arih,...
Sekda Pakpak Bharat Pantau Vaksinasi Massal Di Cikaok
Jumat, 17 September 2021
Sekretaris Daerah Pakpak Bharat   Sahat Banurea,S.sos, M.Si  bersama beberapa unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Pakpak Bharat meninjau Kegiatan Vaksinasi massal Di Gedung Balai Dik...
KETUA TP PKK PAKPAK BHARAT KUNJUNGI DESA KUTA TINGGI
Kamis, 16 September 2021
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pakpak Bharat, Ny. Juniatry Franc Bernhard Tumanggor hari ini (16/09/2021) mengunjungi Desa Kuta Tinggi bersama Camat Salak Sahat Boangmanalu, MM dan Kepala Puskesmas...
TMMD Ke-112 Resmi Dibuka Oleh Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor
Rabu, 15 September 2021
Pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menandai dibukanya program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke-112 tahun anggaran 2021 di wil...