Berita

Pemkab Pakpak Bharat Borong Penghargaan STBM Award 2022

Rabu, 23 November 2022

Kabupaten Pakpak Bharat terpilih sebagai Penerima Anugerah Tanda Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Tahun 2022 pada Kategori Stop Buang Air Besar Sembarangan,

Dan Kabupaten terbaik dalam upaya percepatan stop buang air besar sembarangan pada kategori pemenuhan kondisi yang mendukung.

Dua penghargaan bergengsi ini diterima langsung oleh Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor dari Wakil Menteri Kesehatan RI, dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD pada acara penganugerahan penghargaan bidang kesehatan lingkungan dalam rangka hari kesehatan Nasional 2022 di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI menilai Pemerintah Daerah Kabupaten Pakpak Bharat berhasil mendorong dan memobilisasi masyarakat untuk terlibat dalam mempertahankan layanan sanitasi berbasis masyarakat tahun 2022.

Bersamaan dengan penyerahan penghargaan ini juga diserahkan beberapa kategori penghargaan lain dimana Mai Duina L Nasution dari Puskesmas Singgabur meraih penghargaan sebagai sanitasi total berbasis masyarakat tahun 2022 sebagai sanitarian terbaik dalam upaya mendorong percepatan STBM, Anggiat Bintang Kepala Desa Tanjung Meriah meraih penghargaan sebagai Kepala Desa terbaik dalam upaya mendorong percepatan STBM, dan Amson Bancin dari Desa Penanggalen Binanga Boang meraih penghargaan sebagai Natural Leader terbaik dalam upaya mendorong percepatan STBM.

Atas diterimanya beberapa anugerah penghargaan ini  Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor  mengucapkan selamat kepada mereka, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat yang turut berperan dalam mewujudkan Pakpak Bharat yang bersih, sehat dan cerdas.

Penghargaan ini akan memotivasi pemerintah daerah untuk terus mendorong dan memobilisasi masyarakat agar lebih memahami dan melakukan perilaku yang higenis dan sanitasi yang sehat dalam kehidupan sehari-hari, ucap Bupati usai menerima penghargaan ini.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit (P2P) Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu menyatakan, penghargaan kesehatan lingkungan STBM Award dan Penyehatan Pangan diberikan Kementerian Kesehatan kepada Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, Penyelenggara Bandara dan Pelabuhan, Rumah Sakit, Sekolah, Sanitarian terbaik, Kepala Desa dan Natural Leader untuk percepatan ODF (Opeb Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan Tahun 2022.

Penghargaan ini diberikan dalam rangkaian peringatan HUT ke-58 Hari Kesehatan Nasional dan percepatan transformasi kesehatan. Kemenkes RI memberikan penghargaan sebagai salah satu bentuk advokasi dan meningkatkan komitmen pembinaan, untuk mendorong, menstimulasi keberhasilan penyelenggaraan program penyehatan lingkungan serta apresiasi terhadap kinerja petugas, institusi dan pemerintah daerah, jelas dia.

Sementara itu, 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang menjadi instrumen penilaian adalah Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengolahan Air Minum dan makanan di Rumah Tangga (PAM-RT), Pengemasan Sampah Rumah Tangga (PS-RT), dan Pengemasan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC-RT).

Berita Lainnya

BUMDESMA "Maju Bersama Sejahtera" Kecamatan PGGS Terima Bantuan 100 juta Rupiah
Jumat, 2 Desember 2022
Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) “Maju Bersama Sejahtera” Kecamatan Pergetteng Getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat menerima bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah ...
Pasca Kecelakaan Minibus Di Desa Kuta Saga Kapolres Pakpak Bharat Inisiasi Doa Lintas Agama
Jumat, 2 Desember 2022
Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Rocky H Marpaung, SIK, SH, MH mengajak tokoh-tokoh lintas  agama dan tokoh masyarakat untuk menggelar doa bersama di lokasi kecelakaan minibus yang terjadi beberapa w...
PENINGKATAN MUTU JALAN PAGINDAR BUPATI PAKPAK BHARAT DATANGI KANTOR KEMENKO MARVES
Jumat, 2 Desember 2022
Upaya Franc Bernhard Tumanggor, Bupati Pakpak Bharat guna membebaskan wilayah Kecamatan Pagindar dari keterisolasian tidak pernah berhenti. Kecamatan terjauh yang punya potensi pertanian dan kehutanan...
KUNJUNGI KEMENKO MARVES BUPATI PAPARKAN PROGRESS PENGERJAAN FOOD ESTATE
Rabu, 30 November 2022
Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengunjungi Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI hari ini (30/11/2022). Kunjungan ini guna membahas tindak lanjut pengerjaa...