Berita

TIM EVALUASI PKK PROV SUMUT KEMBALI KUNJUNGI DESA PERDUHAPEN

Senin, 13 November 2017

Tindak lanjut proses penilaian Desa Binaan PKK terbaik tingkat Sumatera Utara tahun 2017 untuk kategori Desa PTP  Hatinya (Pemanfaatan Tanah Pekarangan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) PKK di Desa Perduhapen, Kecamatan Kerajaan kembali dikunjungi Tim Evaluasi dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara pada Jumat (10/11) yang disambut oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pakpak Bharat, Ny. Made Tirta Dewi RY Berutu, S.Sos, Wakil Ketua I, Ny. Hj. Idahliani MI Padang, Wakil Ketua II, Ny. Wakil Ketua II, Ny. Roslina S Banurea, beserta jajaran TP PKK Kabupaten Pakpak Bharat. Turut hadir juga Sekda Sahat Banurea, S.Sos, M.Si bersama para pimpinan OPD yang menerima Ny. Yasniati M. Roem dan Ny. Nina Purwadi dari PKK Prov. Sumut.

Tim langsung menyambangi rumah-rumah penduduk di Desa Perduhapen untuk menyaksikan secara langsung pemanfaatan tanaman pekarangan yang ditanami dengan beragam sayuran, terutama cabai, dan juga adanya kolam ikan milik warga dengan memanfaatkan lahan pekarangan mereka, termasuk juga milik KWT (Kelompok Wanita Tani) pada setiap Dusun.

Tak lupa mereka mengunjungi PAUD yang dikelola Desa bersama Ny. Dewi Remigo yang juga merupakan Bunda PAUD Kabupaten Pakpak Bharat. Dalam kesempatan tersebut, Ny. Dewi Remigo menyerahkan bantuan mainan edukatif kepada para siswa/i PAUD tersebut serta bantuan buku dan alat tulisnya. Rasa gembira tampak terpancar dari para siswa/i PAUD kala menerima bantuan tersebut dan Ny. Dewi juga larut menemani mereka bermain sambil belajar.

Menurut Ny. Dewi, tujuan utama pembinaan Desa ini bukan hanya untuk meraih juara, tetapi bagaimana mendorong percepatan pembangunan Desa tersebut, utamanya dari sisi peningkatan perekonomian masyarakat. “Senang rasanya melihat antusiasme masyarakat untuk berlomba-lomba mengkreasikan peningkatan taraf hidup mereka. Apalagi dengan berbagai inovasi beragam produk turunan olahan yang mereka buat seperti membuat sambal dan cabe kering. Terima kasih atas bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak, terutama OPD lingkup Pemkab Pakpak Bharat yang turut berpartisipasi aktif membina Desa ini”, ucap Ny. Dewi.

Ke depan juga menurut beliau, akan dilakukan berbagai inovasi terhadap olahan hasil dari pekarangan mereka seperti membuat ikan asap dan produk turunan lainnya. “Banyak hal yang bisa diambil dari Desa Binaan ini dan yang menggembirakan adalah semangat mereka yang tidak putus-putusnya”, sambung Ny. Dewi.

Sekda juga merasa senang dengan peningkatan perekonomian yang signifikan terhadap Desa Binaan ini. “Kontribusi dari OPD tidak sia-sia dan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat sangat mendukung penuh akan adanya peningkatan ini sehingga SDM bisa dimaksimalkan”, sebut beliau kala memberi sambutan. Ditambahkan juga oleh beliau bahwa kerjasama seperti ini menghasilkan sesuatu yang positif dan untuk itu Desa-desa lainnya bisa didorong agar berkembang dan sejajar. Apresiasi yang tinggi diberikan Sekda kepada Desa Perduhapen.

Acara ini juga diisi dengan ekspose dari PKK Desa Perduhapen, tanya jawab oleh Tim bersama masyarakat dan penyerahan cendera mata kepada tim. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)

Berita Lainnya

Asren Nasution Kembali Pimpin Pakpak Bharat
Senin, 17 Februari 2020
Di bawah kitab suci Al-Quran, serta dihadapan Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi, dan dengan disaksikan oleh para undangan, termasuk Forkopimda dan para pimpinan OPD serta pemuka masyarakat Kab...
Seleksi Penerimaan CPNS Kabupaten Pakpak Bharat Berakhir
Jumat, 7 Februari 2020
Setelah berlangsung selama 7 hari, akhirnya seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Pakpak Bharat berakhir pada hari ini, Jumat (07/02) di Balai Diklat, Cikaok, Kecamatan STTU Julu...
Pelaksanaan Ujian CPNS di Kabupaten Pakpak Bharat Berjalan Dengan Lancar
Sabtu, 1 Februari 2020
Ujian Penerimaan Seleksi CPNS Kabupaten Pakpak Bharat   (Calon Pegawai Negeri Sipil) akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari dari tanggal 01 s.d 07  Februari 2020 di Balai Gedung Diklat...
PEMKAB dan DPRD Kabupaten Pakpak Bharat Sambut Hangat Mahasiswa UINSU
Kamis, 16 Januari 2020
Keriuhan melanda Kabupaten Pakpak Bharat semenjak subuh, terutama seputaran kota Salak, dengan konsentrasi di Lapangan Napasengkut pada Kamis (16/01), saat kedatangan hampir seribu mahasiswa Universit...